Definisi Invoice dan Mengenal Jenis serta Komponen Invoice

Invoice adalah dokumen yang wajib disiapkan oleh perusahaan. Baik perusahaan skala kecil maupun skala besar. Karena baik perusahaan skala kecil maupun besar, tentu tidak dapat dipisahkan dari kegiatan transaksi jual beli produk, baik barang maupun jasa.

Tidak memandang jenis bisnis, invoice adalah dokumen yang wajib ada baik untuk bisnis yang bergerak di bidang barang maupun jasa. Semua membutuhkan invoice. Lalu, definisi invoice adalah? Serta apa saja jenis dan komponen di dalam invoice?

Sumber: https://www.chargify.com/blog/relationship-invoicing/

Definisi Invoice adalah

Invoice adalah dokumen penting yang diterbitkan perusahaan sebagai pihak penjual kepada pembeli sebagai bukti adanya transaksi kredit yang telah terjadi. Di dalam invoice terdapat informasi penting mengenai detail transaksi, seperti keterangan penjual dan pembeli, tanggal terjadinya transaksi, detail produk yang dibeli, sub total harga, total harga, hingga tata cara dan termin pembayaran.

Selain dokumen bukti transaksi, invoice adalah dokumen yang dapat digunakan penjual untuk menagih pembeli apabila lalai dalam membayarkan tagihan. Ketika tempo waktu pembayaran telah tiba namun pembeli belum melakukan pembayaran, maka penjual akan menagih pembayaran dengan berdasar pada invoice.

Pihak penjual juga dapat mengingatkan pembeli sebelum tempo waktu pembayaran tiba. Selain itu, supaya pembeli tidak telat dalam membayarkan tagihan, penjual dapat memberikan diskon jika dibayarkan sebelum jatuh tempo pembayaran. Atau penjual dapat mengenakan denda apabila pembeli telat dalam membayarkan tagihan.

Invoice adalah dokumen yang dibuat tidak hanya satu lembar, melainkan beberapa rangkap. Ada yang membuatnya dua rangkap untuk diberikan kepada pihak penjual dan pembeli. Ada juga yang membuatnya tiga rangkap, dimana masing – masing lembar akan diberikan kepada pihak – pihak yang berhubungan dengan transaksi.

Diantaranya yaitu pihak perusahaan, dimana invoice berfungsi sebagai arsip transaksi penjualan dan dokumen penagih kepada pembeli yang telat membayar tagihan. Lembar lainnya diberikan kepada divisi keuangan sebagai referensi dalam pembuatan catatan pembukuan perusahaan.

Jenis – Jenis Invoice adalah

Dalam menjalankan transaksi jual beli, perusahaan memiliki tiga jenis invoice. Dimana jenis – jenis invoice ini didasarkan kegiatan transaksi yang terjadi, sehingga setiap invoice memiliki fungsi tersendiri. Jenis – jenis invoice adalah sebagai berikut:

  1. Invoice Biasa

Invoice biasa adalah invoice yang umum atau biasa digunakan dalam transaksi kredit antara penjual dengan pembeli. Di dalam invoice biasa termuat rincian informasi mengenai transaksi yang terjadi, misalnya daftar produk yang dibeli, jumlah harga, termin waktu pembayaran, serta tak lupa data penjual dan pembeli.

  1. Invoice Proforma

Invoice proforma adalah jenis invoice yang digunakan apabila perusahaan atau penjual mengirimkan barang kepada pembeli secara bertahap. Invoice performa ini dapat dikatakan sebagai invoice sementara atau invoice pengganti. Jika seluruh barang sudah dikirimkan kepada pembeli, maka pihak penjual akan memberikan invoice biasa untuk menggantikan invoice proforma.

  1. Invoice Konsuler

Invoice konsuler adalah invoice yang khusus digunakan untuk transaksi internasional atau kegiatan ekspor impor. Yang membedakan dengan invoice biasa adalah di bagian bawah invoice terdapat pengesahan dan persetujuan dari perwakilan negara yang melakukan impor. Biasa juga atase perdagangan, kantor konsuler, serta kedutaan besar negara pengimpor yang berlokasi di negara pengekspor.

Komponen Invoice adalah

Sumber: https://www.thebalancesmb.com/what-is-invoice-398303

Invoice terdiri dari beberapa komponen yang sederhana, namun mencakup informasi yang dibutuhkan antara penjual dengan pembeli. Komponen invoice adalah sebagai berikut:

  1. Pihak yang terlibat dalam transaksi
  2. Nomor urut invoice
  3. Nomor order
  4. Kode nomor transaksi DO/SJ
  5. Detail barang
  6. Total harga tiap produk
  7. Diskon, biaya pengiriman, dan PPn jika ada
  8. Total biaya
  9. Termin pembayaran

Demikian penjelasan mengenai definisi invoice serta jenis dan komponen invoice.

Leave a Comment