Penyakit Cordocentesis,Dan Cara mengatasi Dasri SehatQ.com

Penyakit Cordocentesis,Dan Cara mengatasinya – kali ini www.sehatq.com akan mengulas tentang tindakan medis dari penyakit Cordocentesis merupakan pengecekan penaksiran saat sebelum melahirkan yang bermaksud mengetahui terdapat tidaknya keanehan pada bakal anak. Pengecekan ini pula diketahui dengan sebutan percutaneous umbilical blood sampling( PUBS).

Cordocentesis mengaitkan pengumpulan darah dari ikatan pusat bakal anak buat ditilik lebih lanjut.

Pengecekan ini umumnya dicoba sehabis bakal anak berumur lebih dari 18 minggu serta bisa dipakai buat mengecek bermacam situasi genetik, keanehan darah, serta peradangan. Bila diperlukan, cordocentesis pula bisa dipakai buat berikan obat- obatan serta transfusi darah pada bakal anak melalui ikatan pusat.

Cordocentesis saat ini telah tidak sering dicoba sebab metode diagnostik yang lain yang lebih kecil resiko semacam amniosentesis serta chorionic villus sampling mengarah lebih diseleksi buat mendiagnosis situasi penderita. Dikala ini, metode ini sangat kerap dicoba buat mengecek situasi anemia pada bakal anak ataupun bila uji lain tidak bisa memastikan penaksiran.

Mengapa cordocentesis dibutuhkan?

Cordocentesis dipakai paling utama buat mengetahui serta menyembuhkan bermacam situasi kedokteran yang berhubungan dengan keanehan darah, semacam anemia( rendahnya kandungan sel darah merah) pada bakal anak.

Cordosentesis bisa memunculkan resiko yang lebih besar kepada bakal anak, tercantum kematian. Jadi metode ini terkini dicoba apabila penaksiran tidak bisa didetetapkan dari pengecekan yang lain semacam amniosentesis, chorionic villus sampling, ataupun ultrasonografi. Metode ini pula bisa jadi opsi apabila uji lain tidak bisa dicoba.

Walaupun amat tidak sering, cordosentesis pula bisa dipakai buat mengecek kromosom bakal anak. Darah bakal anak yang diterima dari metode ini pula bisa ditilik lebih lanjut pada percobaan genetik.

Siapa yang menginginkan cordocentesis?

  • Metode ini umumnya dipakai pada sebagian situasi, semacam:
  • Buat memastikan bagian keparahan anemia pada bakal anak.
  • Buat menilai lebih lanjut terdapatnya keanehan kromosom.
  • Buat menilai lebih lanjut terdapatnya peradangan pada bakal anak.

Apa saja perencanaan buat menempuh cordocentesis?

Apabila umur kehamilan telah menggapai 23 minggu ataupun lebih, bunda hendak dimohon buat berpantang paling tidak 8 jam saat sebelum metode. Perihal ini dicoba sebab sebagian komplikasi yang ditimbulkan bisa jadi bisa membuat penderita menginginkan pembedahan caesar lekas.

Ilustrasi darah bunda bisa jadi hendak didapat saat sebelum metode buat dibanding dengan ilustrasi darah bakal anak. Dekat 30- 60 menit saat sebelum metode, antibiotik bisa diserahkan buat kurangi mungkin peradangan kandungan. Obat umumnya disuntikkan lewat selang yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah vena.

Gimana metode cordocentesis dicoba?

Saat sebelum umur 23 minggu kehamilan, cordocentesis umumnya dicoba di klinik. Sedangkan pada umur 23 minggu kehamilan ataupun lebih, metode ini umumnya dicoba di rumah sakit sebab terdapatnya mungkin terjalin komplikasi yang menginginkan pembedahan caesar lekas.

Metode cordocentesis mencakup:

Dokter hendak memakai ultrasonografi buat memastikan posisi ikatan pusat di dalam kandungan. Penderita hendak dimohon buat tiduran di meja pengecekan, serta dokter hendak menaruh gel spesial pada perut penderita.

Dokter hendak memakai perlengkapan bernama transducer yang digerakkan di atas perut buat menolong dokter memandang posisi anak yang diperlihatkan di layar pc.

Sehabis itu, dokter hendak mensterilkan perut penderita. Kadang, obat- obatan diserahkan buat kurangi rasa tidak aman sepanjang metode.

Dengan ditunjukan ultrasonografi, daya kedokteran hendak memasukkan duri pipih melalui bilik perut sampai menggapai kandungan.

Darah dari pembuluh darah vena di ikatan pusat hendak didapat lewat duri ini, setelah itu duri hendak dikeluarkan dari kandungan.

Penderita dimohon buat senantiasa tiduran kala duri dimasukkan serta darah didapat. Penderita bisa jadi hendak merasakan kehebohan tersengat kala duri dimasukkan melalui kulit serta merasa sedikit kejang otot kala duri merambah kandungan.

Semacam apa hasil cordocentesis?

Darah yang didapat hendak ditilik di makmal. Hasil uji umumnya pergi dalam sebagian hari. Dokter ataupun daya pakar genetika hendak menarangkan terpaut hasil cordocentesis. Apabila hasilnya wajar, dokter hendak membahas keinginan pertemuan berikutnya buat memantau kemajuan bakal anak.

Apa yang wajib dicoba apabila hasil cordocentesis tidak wajar?

Apabila hasil cordocentesis membuktikan terdapatnya peradangan pada bakal anak, dokter hendak menarangkan terpaut mungkin penyembuhan. Apabila anak hadapi anemia berat, transfusi darah melalui pembuluh darah di ikatan pusat bisa jadi dibutuhkan.

Apabila hasil pengecekan membuktikan terdapatnya situasi bakal anak yang tidak bisa diatasi, opsi berat antara memberhentikan ataupun meneruskan kehamilan bisa jadi butuh didapat.

Apa saja yang butuh dicermati sehabis cordocentesis?

Sehabis cordocentesis, penderita bisa jadi hendak merasakan kejang otot perut ataupun sedikit rasa tidak aman pada perut. Dokter hendak memakai perlengkapan ultrasonografi ataupun layar pemantau kelahiran buat memantau denyut jantung bakal anak sehabis metode.

Penderita hendak dimohon buat istirahat sehabis cordocentesis. Penderita bisa meneruskan kegiatan wajarnya satu hari paskaprosedur. Mendatangi dokter apabila penderita hadapi epistaksis ataupun keluarnya larutan dari jalur lahir.

Leave a Comment